Blue Fire Pointer
| Selasa, 26 November 2013
PENGERTIAN JARINGAN GABUS
          Jaringan gabus merupakan jaringan yang tersusun dari sel-sel parenkim gabus. Pada tumbuhan dikotil, jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felogen dan terletak disebelah bawah dari jaringan epidermis. Jaringan gabus yang dibentuk ke arah dalam disebut feloderm yang merupakan sel-sel hidup, sedangkan sel gabus yang dibentuk ke arah luar disebut felem dan merupakan sel-sel mati, dengan bentuk sel kotak, dinding selnya mengalami penebalan oleh suberin, serta bersifat impermeabel (tidak tembus air ).


    
Jaringan gabus merupakan jaringan yang tersusun dari sel-sel prenkim gabus pada tumbuhan dikotil, jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felagen dan terletak disebelah bawah dari jaringan epidermis.

FUNGSI JARINGAN GABUS 
               Fungsi jaringan gabus adalah untuk melindungi jaringan lain agar tidak kehilangan banyak air, mengingat sel-sel gabus yang bersifat kedap air. Pada Dikotil, jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus atau felogen, pembentukan jaringan gabus ke arah dalam berupa sel-sel hidup yang disebut feloderm, ke arah luar berupa sel-sel mati yang disebut felem.

          Fungsi jaringan gabus untuk melindungi jaringan agar tidak kehilangan air.

CIRI-CIRI JARINGAN GABUS 
~ Tersusun dari sel-sel hidup

~ terdiri atas satu lapis sel tunggal

~ beragam bentuk, ukuran, & susunannya, tetapi biasa nya tersusun rapat tidak ada ruang antar sel

~ dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udara mengalami penebalan

~ mengalami modifikasi membentuk derivat.
  gambar jaringan gabus :