Biasanya, untuk menulis rumus atau pun persamaan matematika di ms word dan ms powerpoint kita memakai fitur equation yang telah tersedia di software tersebut. Akan tetapi, kita tidak bisa membuat rumus matematika ketika menulis di blog. walaupun kita copy paste dari word atau pun powerpoint rumus tersebut malah tidak terlihar apa-apa.

Ada cara untuk menulis rumus di blog, yaitu bisa dengan menulis dulu rumusnya di word, lalu menyimpan rumus tersebut sebagai gambar. Kemudian gambar tersebut diupload ke blog. akan tetapi, biasanya sulit untuk mengatur rumus di blog kalau dalam bentuk gambar. Apalagi rumus yang akan kita tulis diletakkan diantara tulisan blog. Pasti akan sulit sekali mengaturnya agar terlihat rapi. Oleh karena itu saya akan memberikan tips tutorial untuk menulis rumus matematika di blog.

Untuk menulis rumus di blog dengan rapi kita dapat membuat rumus tersebut ke dalam bentuk  HTML. Untuk melakukan hal tersebut caranya yaitu :

1. Buka codecogs.com.
2. Pilih Equation Editor, lalu pilih Standalone Editor.
3. Ketik rumus yang ingin anda ubah ke kode HTML. Pada gambar saya mencoba membuat fungsi distribusi normal.


4. Salin kode HTML yang terbentuk ke blog anda.
5. Hasil kode tersebut seperti ini sobat.


6. Jika anda ingin menyisipkan rumus dalam teks, anda bisa mencentang inline yang berada dibawah kotak pengetikan rumus tersebut.

Jika hasilnya sudah tampil, anda bisa menlanjutkan menulis blog seperti biasa. Selamat mencoba :)

12 Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)