Coreldraw merupakan aplikasi edit grafis berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel yang berada di Ottawa, Kanada. Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib bagi para desain grafis. Dengan aplikasi ini anda bisa membuat berbagai macam kreasi. Biasanya orang-orang menggunakan coreldraw untuk membuat spanduk, baliho, kartu nama, ID Card, Stempel, Logo, dan lain sebagainya.

Pada suatu hari (wkwkw..jadi kayak cerita :D) saya lagi membantu paman saya menyetting plank proyek. Ketika sudah siap menyetting, saya ingin mengconvert plank proyek tersebut ke dalam basis bitmap agar bisa disimpan dalam bentuk gambar yang kemudian akan dicetak ke dalam  mesin (baca juga : Cara Mudah Install dan Uninstall Font Pada Coreldraw X7.). Permasalahan muncul ketika plank proyek tersebut tidak bisa diconvert dan malah muncul peringatan "Object on non-printable layers cannot be converted to bitmaps" yang membuat saya terkejut. Langsung saja tanyakan permasalahan ini ke paman saya dan akhirnya saya mendapat solusi atas permasalahan ini.


Saya tidak tahu pasti apa penyebab hasil editan saya tidak bisa diconvert. Pada saat itu saya memakai coreldraw X3 untuk membuat plank proyek tersebut. Kalau peringatan tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia lebih kurang sih "objek di atas layer yang bukan dapat dicetak tidak bisa dikonversi ke bitmap". Untuk permasalah terssebut, anda harus meletakkan hasil editan anda ke dalam kertas cetak. Nah, untuk ukuran kertas cetak anda bisa sesuaikan dengan ukuran hasil editan anda. Kemudia tekan P di keyboard untuk meletakkan hasil editan anda ke dalam kertas cetak


Coba anda convert lagi hasil editan anda dan langsung simpan hasil editan anda ketika masih berada di dalam kertas cetak.

20 Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)

  1. Corel draw itu aplikasi prifesional gan.. nginstalnya aja susah

    BalasHapus
  2. pantesn, ini nih yg ane cri2. makasih infonya gan

    BalasHapus
  3. Owh pantesan waktu itu saya mau convert gk bisa

    BalasHapus
  4. wah udah bisa di convert makasih bro

    BalasHapus
  5. bagus tutorialnya
    sangat membantu, ijin bookmark

    BalasHapus
  6. Ada cara buat poster gak gan ?

    BalasHapus
  7. sangat memabntu saya inih. makasih.

    BalasHapus
  8. ane pernah ngalamin gini, dan ternyata solusinya ini

    BalasHapus
  9. dulu pake corel pas masi SMA, sekarang udah jarang pake corel

    BalasHapus
  10. Ialah ternyata seperti itu to. Makasih banyak infonya

    BalasHapus
  11. mantap gan , saya juga bingung soalnya hehe

    BalasHapus
  12. Agen Tangkas Online

    you have nice artikel, i want to share this page. i want this permite with, if you give me a permite you can find me in my site.. thankyou verymuch

    BalasHapus
  13. Agen Tangkas Online

    you have nice artikel, i want to share this page. i want this permite with, if you give me a permite you can find me in my site.. thankyou verymuch

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)