Dalam yang memiliki pekerjaan atau sekedar hobi di bidang desain grafis siapa yang tak kenal coreldraw. Aplikasi ini wajib ada di perangkat komputer anda bagi yang hobi di dunia desain grafis. Coreldraw merupakan aplikasi editor grafis berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel yang berada di Ottawa, Kanada.

Dalam membuat spanduk, baliho, kartu nama, ID Card, dll, biasanya orang-orang menggunaka coreldraw karena kemudahan yang diberikan. Karena aplikasi ini berbasis vektor, dengan kata lain tidak bergantung pixel, semakin besar anda menzoom yang anda buat dari coreldraw maka tidak akan pecah, memudahkan anda dalam menyimpan gambar dengan resolusi dan ukuran yang diinginkan.

Lebih mudahnya begini, misalnya anda ingin membuat logo perusahaan anda atau apapun itu, jika anda ingin mencetak atau sekedar menguploadnya ke medsos anda agar mudah terlihat pastinya logo yang anda buat harus berupa gambar. Dengan kata lain logo tersebut akan berbasi bitmap dan terdiri dari pixel-pixel. Nah, ketika anda siap membuat logo di Coreldraw anda bisa menyimpan dalam bentuk gambar dengan terlebih dahulu meng-convert logo tersebut ke dalam basis bitmap. Ketika anda meng-convert, anda bisa sesuka hati membuat berapa resolusi logo tersebut akan terconvert. nanti ada pilihan resolusi bawaan 50, 72, 100, 200, 300 dpi. Anda pun bisa membuat resolusi sendiri dari yang sudah tersedia. Semakin besar resolusi, makan ukuran pixel semakin besar dan apabila diperbesar maka tidak akan mudah pecah. Tentunya ukuran gambar yang akan tersimpan akan semakin besar juga. Selain itu, anda bisa menyimpan gambar tersebut dengan background transparan agar misalnya anda ingin mengedit spanduk  atau yang lainnya tidak perlu menghapus background lagi. Jika anda tidak bisa mengconvert hasil editan logo anda, silahkan baca disini.

Lebih kurangnya begitu. Dalam membuat logo, pasti anda membutuhkan font yang unik sesuai kebutuhan anda dan tidak tersedia oleh coreldraw. Untuk mendapatkan font yang unik anda bisa cari di mbah google :D. Nah, sekarang bagaimana cara untuk memasukkan font yang sudah anda download dan mengaturnya. Anda tidak perlu aplikasi pihak ketiga untuk menginstall font tersebut. Karena pada coreldraw graphic suite telah tersedia aplikasi font navigator. Kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk memasukkan dan menghapus font di coreldraw X7.

1. Buka Bistream Font Navigator




2. Usahakan anda meletakkan font yang anda download di folder tersendiri agar proses pencarian font berjalan cepat. Lalu centang folder font anda kemudian ok


 3. Pada kotak sebelah kiri merupakan font yang anda download, dan kotak sebelah kanan merupakan font yang telah terpasang di coreldraw X7. Untuk memasang font yang anda download tinggal drag saja fontnya ke kotak sebelah kanan.

4. Biasanya, jika terlalu banyak font akan membuat kinerja coreldraw anda menurun. Untuk itu anda bisa menghapus font yang tidak diperlukan di coreldraw X7. Caranya hanya tinggal klik kanan font yang ingin dihapus, lalu pilih Uninstall

Bagaimana kawan-kawan, mudahkan? Demikian tutorial sederhanan yang bisa saya beri. Jika anda masih belum paham atau ada yang ingin ditanyakan tinggalkan saja komentar anda di kolom komentar.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)