Photoshop adalah aplikasi edit citra foto/gambar dan pemberian efek buatan Adobe System. Jadi, mau buat pas foto, brosur, spanduk, baliho, banner, setiker, dan lain-lain biasanya orang menggunakan Photoshop. Sehingga aplikasi ini wajib ada di PC bagi para desain grafis.

Dalam mencetak spanduk atau yang lainnya, permasalahan warna dalam bentuk gambar perlu diperhatikan. Karena setiap mesin memiliki permasalahan masin-masing, sehingga komposisi warna perlu diperhatikan. Ada macam-macam model warna, salah satunya adalah CMYK yang biasa terdapat dalam mesin percetakan.

Apa itu CMYK? CMYK merupakan warna dasar yang terdiri dari  Cyan, Mangenta, Yellow, dan Key (mewakili hitam) yang akan mengahsilkan berjuta-juta warna jika dikombinasikan. Biasanya warna ini dipakai dalam mesin percetakan. Mesin printer di rumah anda mungkin juga terdiri dari empat warna ini hehehe.....

Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara mudah mengetahui komposisi warna CMYK dalam gambar di Photoshop. Karena dalam permasalahan ini, kepala cetak warna hitam rusak pada mesin cetak spanduk saudara saya, maka saya akan memberikan tips mengatur komposisi warna hitam.

Nah, pada mesin cetak warna hitam sempurna terdiri dari C=0 M=0 Y=0 K=100. Tetapi, karena mesin cetak warna hitamnya rusak, untuk menghasilkan warna hitam bisa dikomposisikan menjadi C=90 M=90 Y=90 K=60. Untuk merombak komposisi CMYK-nya bisa kita lakukan di Photoshop.

1. Masukkan gambar ke Photoshop. Nah disamping kanan ada info memberikan komposisi CMYK. Kalau belum ada, anda bisa pilih Photography pada sudut kanan atas, lalu pilih simbol "i" untuk melihat info komposisi CMYK-nya.


2. Nah. anda bisa mengarahkan pointer ke mana pun anda ingin melihat komposisi CMYK pada gambar yang telah di masukkan tadi.


3. Lalu, karena warna hitam pada mesin cetak saudara saya rusak, maka saya akan merubah komposisi warna hitam. Jadi, pada set background color  saya merubah komposisi hitam seperti yang saya bilang di atas.


4. Kalau ingin merubah komposisi warna, pilih select --> color range. Arahkan pointer ke gambar yang ingin diselect, jangan lupa di klik area yang ingin diselect.


5. Nah! Sekaran untuk merubah komposisi warna hitam, tinggal tekan tombol delete di keyboard.


6. Akhirnya komposisi warna hitam yang ingin saya ubah telah berubah seperti yang saya inginkan dan siap untuk dicetak hehehe..:D


Bagaimana? mudahkan? Anda bisa merubah komposisi warna yang lainnya yang inigin anda ubah. Sehingga hasil cetakan akan menjadi maksimal. Selamat mencoba!

10 Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)

  1. Ini nih... saya kadang bingung gmna sinkronin warna...
    Thx infonya gan, tak praktekin dulu

    BalasHapus
  2. Kalau untuk print foto sebaiknya pake cmyk atau rgb menurut agan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung gan. biasanya kalo dirumah agan punya printer sejuta umat (a.k.a canon :v) yang main tinta selang biasanya terdiri dari 4 warna yang sudah ane jelasin diatas, bagus pake CMYK lah gan :D

      Hapus
  3. Desain photoshop memang seru gan.. trus berkarya

    BalasHapus
  4. makasih gan trik nya .. berhasil

    BalasHapus
  5. Haduh, seru juga ya main photoshop

    BalasHapus
  6. Baru tau malah. Makasih banyak gan bisa dicoba

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)