Sudah beberapa minggu ini pasti merasakan hal yang aneh ketika chattingan di line. Bagaimana tidak, di line tidak bisa memuat gambar dan stiker yang dikirim oleh teman di grup chatting. Saya pun bingung padahal saya pakai internet xl/axis lancar-lancar saja di instagram, youtube, wa, dan browsing-an serta sinyal internet di samsung galaxy v saya penuh. Setelah saya cari-cari di google dan tertuju ke sebuah forum, saya tau apa penyebabnya. Ternyata penyebabnya adalah di pengaturan APN pada provider kartu xl/axis.

Nah, apa itu APN? APN (Acces Point Name) adalah gerbang penyambung antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, yang biasa disebut internet.

Perangkat mobile dalam membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke opertaor/provider. Operator/provider  kemudian akan memeriksa pengenal ini untuk menentukan apa jenis koneksi jaringan yang harus dibuat. Misalnya, alamat IP mana yang harus diberikan ke perangkat nirkabel, metode keamanan mana yang harus digunakan, dan bagaimanakah seharusnya perangkat terhubung ke beberapa jaringan pelanggan pribadi.

Sekarang sudah jelaskan? Untuk mengakses internet pada perangkat seperti smartphone, tablet, maupun komputer kita harus mengkonfigurasikan APN terlebih dahulu kartu provider yang kita pakai. Setiap provider memiliki pengaturan APN yang berbeda-beda. 

Kali ini saya akan memberikan tips untuk mengatur APN pada kartu xl/axis pada smartphone sehingga pada aplikasi line bisa memuat/load gambar. Nah, pertama 
1. Buka pengaturan.
2. Masuk ke jaringan seluler.
3. Pilih nama poin akses. Lalu pilih kartu sim yang akan anda atur APN-nya.
4. Lalu isi nama sesuai dengan yang anda inginkan, isi "internet" pada APN, dan kosongkan Proksi, Port, Nama pengguna, dan Kata sandi lalu simpan.


Setelah APN kita atur, coba deh buka lagi line anda. Saya jamin gambar dan stiker yang dikirim teman sudah muncul di line hehehe.. :D

2 Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)

  1. dicoba dulu kirain kemaren ga ada masuk sticker grgr sinyal atau apa. btw ane juga pake xl soalnya. wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)