gula putih
·      Pengertian Gula Putih
Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.
·      Macam-macam gula                        
1. Gula pasir
Gula pasir adalah bentuk yang paling umum dari gula putih atau gula tebu. Butirannya kasar, rasanya manis. Warnanya ada yang agak kekuningan, ada yang putih bersih. Jika digunakan dalam kue, teksturnya akan menjadi lebih keras, berpori-pori besar, dan berwarna lebih cokelat. Gula ini banyak digunakan di rumah, misalnya sebagai pemanis teh.

2. Gula kastor
Gula kastor atau castor sugar adalah gula pasir berbutir halus tetapi tidak berupa bubuk. Warnanya putih, rasanya tidak semanis gula pasir. Karena butirannya lebih kecil, gula ini mudah larut dalam adonan dan menghasilkan kue yang renyah dengan warna yang bagus. Cocok digunakan untuk membuat meringue dan kue kering.


3. Gula bubuk
Gula bubuk, gula halus, icing sugar, atau confectioners' sugar adalah gula yang bertekstur sangat halus seperti tepung dan sangat mudah larut. Biasanya digunakan untuk membuat icing, frosting, atau ditaburkan sebagai dekorasi cake. Gula ini juga dapat membuat kue lebih renyah.
Ada jenis lain dari gula halus, yakni snow powder/sugar atau gula donat yang tidak mudah meleleh dan terasa dingin di lidah. Gula halus jenis ini tidak menggumpal dan biasa digunakan untuk melapisi permukaan donat atau putri salju.

4. Brown sugar
Brown sugar tidak dapat diterjemahkan menjadi gula merah karena berbeda. Gula ini terbuat dari sari tebu, seperti gula pasir namun berwarna cokelat karena dalam proses pembuatannya ditambahkan sedikit molasses. Aromanya wangi, biasanya digunakan untuk membuat aneka kue dan minuman.


5. Gula batu
Ukurannya besar-besar dan berbentuk kristal. Ada yang bongkahannya tidak beraturan dan kasar, ada pula yang dibentuk halus seukuran permen. Rasanya kurang manis karena mengandung air, namun cocok digunakan untuk teh tubruk karena membuat aromanya lebih wangi.

 


6. Gula kubus
Seperti namanya, gula kubus atau blok adalah gula pasir yang dicetak berbentuk kubus atau dadu. Gula ini biasanya digunakan sebagai pemanis teh atau kopi.

·      Manfaat Gula Putih :
1)Sebagai pemanis makanan
2)Sebagai pengawet makanan
3)Sebagai sumber karbohidrat
·                                     
           Dampak Gula Putih :
1.  Gula dapat menekan sistem imun dan merusak pertahanan tubuh terhadap penyakit infeksi.
2. Mengacaukan hubungan mineral dalam tubuh, sehingga terjadi kekurangan kromium dan tembaga. Juga menghambat penyerapan kalsium dan magnesium.
3. Meningkatkan adrenalin dengan cepat, meningkatkan hiperaktif, kecemasan, sulit berkonsentrasi, dan mudah tersinggung.
4. Meningkatkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida, serta menurunkan HDL.
5. Menurunkan fungsi dan elastisitas jaringan tubuh.
6.  Melemahkan penglihatan.
7. Menimbulkan banyak masalah pada pencernaan.
8. Menyebabkan penuaan dini.
9. Merusak gigi dan gusi.
10.        Gula merupakan makanan bergizi bagi sel kanker (payudara, ovarium, prostat, pankreas, paru-paru, dan lain-lain).
11.         Memicu penyakit autoimun, seperti artritis, berbagai jenis sklerosis, dll.
12.        Gula dapat menyuburkan jamur Candida albicans.
13.        Gula dapat menyebabkan batu saluran kemih, usus buntu, wasir, dan varises.
14.        Menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh.
15.        Menyebabkan eksim pada anak-anak.
16.        Merusak pankreas, ginjal, dan hati.
17.        Menyebabkan ketidakseimbangan hormon (estrogen pada pria dan memperparah sindroma pramenstruasi).
18.        Meningkatkan radikal bebas dan stres oksidatif.
19.        Merusak struktur DNA.
20.       Menyebabkan sakit kepala, termasuk migrain, dll.



 







Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)