Pada zaman sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Hal ini membuat pekerjaan manusia semakin mudah. Salah satu kemudahan yang ingin saya paparkan adalah gambar bisa diubah menjadi teks dokumen yang bisa kita atur di Word atau aplikasi lainnya. Jadi, kita tidak perlu repot-repot mengetik ulang teks yang ada dalam gambar. Bagi anda mahasiswa pasti aplikasi sangat membantu dalam membuat makalah hehehe.

Untuk melakukan hal tersebut, kita memerlukan aplikasi OCR. (apa itu OCR?) OCR merupakan singkatan dari Optical Character Recognition yang merupakan aplikasi dapat mengambil teks dalam gambar lalu diekspor menjadi teks dokumen yang dapat kita manipulasi. Salah satu aplikasi OCR yang saya pakai adalah SuperGeek Free Document OCR. Jadi untuk mengabil tulisan dalam buku tanpa harus mengetikkannya, anda harus mengubah tulisan dalam buku yang ingin anda ambil ke dalam bentuk gambar. Anda bisa melakukannya dengan mengambil foto dalam buku tersebut atau melalui mesin scan. Kalau anda ingin menggunakan cara dengan memoto buku tersebut. Usahakan kamera anda memiliki resolusi yang tinggi ya.

Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk mengambil tulisan dari buku dengan cara men-scan buku tersebut. Caranya yaitu :

1. Buka aplikasi SuperGeek Free Document OCR yang telah anda download..
2. Hubungkan perangkat scan ke PC anda. lalu pilih scan. Jika telah terhubung, makan perangkat scan anda akan terdeteksi. Jika sudah terdeteksi, pilih ok.


3. Scan buku yang anda inginkan. Kalau ingin melihat hasil scan anda sebelum tercetak adan bisa pilih preview. Jika sudah, anda bisa langsung memilih Scan.


4. Lalu pilih OCR. maka eksport tulisannya dapat dilihat di kotak kanan.


5. Kemudian anda tinggal mengeksportnya ke Word atau ke aplikasi lainnya.


Hasil ekspor kadang ada yang tidak sesuai. Oleh karena itu anda harus mengecek ulang hasil tersebut apakah masih ada huruf yang salah. Karena semakin rendah kualitas gambar yang dihasilkan, atau pun tingkat kejelasan/ketajaman tulisan dalam gambar, maka semakin banyak tulisan yang salah.

11 Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)

  1. terimakasih tutorial nya, saya juga suka membaca dan menulis, lebih suka mengetik gan

    BalasHapus
  2. terimakasih gan ilmu nya sangat bermanfaat, tapi kalau ada gambarnya gimana tuh?

    BalasHapus
  3. weleh bisa gitu ya gan, tak kira gak bisa haha mantap gan, coba ah

    BalasHapus
  4. wah gt toh ternyata, asik nih jd ntar ga perlu ketik2 banyak, hehe
    bs langsung kopas dr scan2 an buku ternyata :D

    BalasHapus
  5. wah mantaps nih gan tutorialnya :D thanks

    BalasHapus
  6. Makasih tutorialnya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Baru tau ternyata ada aplikasi kayak gitu gan...mantap!!

    BalasHapus
  8. Wah boleh dicoba nih jadi gak perlh repot ngetik2 lagi 😂🤣

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan :)